Informasi Gempa  

sumber: bmkg.go.id

Webplayer  

You need Flash player 6+ and JavaScript enabled to view this video.

Jajak Pendapat  

Bagaimana Kinerja Pemerintahan Kabupaten Kepahiang Saat ini ?











Hasil

Sedang Online  

Ada 38 tamu online

Pengunjung Web  

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini119
mod_vvisit_counterKemarin357
mod_vvisit_counterMinggu Ini2651
mod_vvisit_counterBulan Ini7801
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung684130

Layanan Listrik, Air Bersih, Pos dan Telekomunikasi

Layanan Listrik

P

royek PLTA Musi berada di Kabupaten Kepahiang dengan Kapasitas terpasang sebesar 3 x 70 MW, yang diharapkan dapat menyumbangkan energi listriknya untuk wilayah Sumatera Bagian Selatan dengan sistem interkoneksi Pulau Sumatera. Sedangkan khusus untuk kebutuhan listrik masyarakat di Kabupaten Kepahiang saat ini belum sepenuhnya memanfaatkan fasilitas tersebut. 
Berdasarkan data terakhir yang didapat dari PLN Ranting Kepahiang menunjukkan lebih dari 95 % pelanggan PLN berasal dari Rumah Tangga dan Umum yaitu sebanyak 14.067 pelanggan. Disamping itu pelanggan dari kelompok usaha dan sosial cukup banyak, sedangkan untuk keperluan gedung kantor masih sedikit.  Jumlah pelanggan listrik di Kabupaten Kepahiang sebanyak 16.530 pelanggan yang terdiri dari pelanggan rumah tangga, sosial, gedung kantor, usaha, dan industri dan hotel. Jumlah daya listrik terpasang di Kabupaten Kepahiang tahun 2009 sebanyak 7.476.550 VA dengan rincian Ranting Kepahiang 4.782.300 VA, Kantor Ujan Mas 1.119.050 VA, Kantor Keban Agung 971.650 VA dan Kantor Batu Bandung 603.550 VA. Nilai penjualan listrik di Kabupaten Kepahiang Tahun 2009 mencapai hampir 9 milyar rupiah. Ranting Kepahiang menyumbangkan hasil penjulan terbesar dengan nilai hampir 7 milyar rupiah. Sedangkan yang terkecil adalah kantor Batu Bandung yang hanya menyumbangkan nilai penjualan sebesar 488 juta rupiah.

 

Layanan Air Bersih


S

ecara umum masyarakat di Kabupaten Kepahiang untuk keperluan air bersih/air minum telah  memanfaatkan kucuran air dari gunung yakni dengan membuat bak-bak penampungan, serta memanfaatkan air sungai yang ada disamping memanfaatkan air sumur permukaan..  Walaupun untuk keperluan air bersih/air minum juga dilayani oleh PDAM, namun sebagian masyarakat yang memanfaatkan jasa PDAM umumnya berada pada daerah pusat kegiatan ekonomi dan perdagangan yang merupakan pusat ibukota Kabupaten Kepahiang dan beberapa ibukota Kecamatan terutama Kecamatan induk.

Nilai produksi air PDAM Kabupaten Kepahiang tahun 2009 tercatat lebih dari satu juta m3, dan hanya sekitar 77% yang didistribusikan. Dari total yang didistribusikan hanya terjual 594.293 m3, dengan nilai sekitar 677 juta rupiah.

Jumlah sambungan air minum yang terpasang stahun 2009 berjumlah 4.865 sambungan. Dari jumlah sambungan yang terpasang hanya 56% atau 2.739 sambungan yang aktif, dimana untuk cabang/unit Bermani Ilir, Suka Sari dan Batu Bandung tidak terdapat sambungan yang aktif.

Sumber Mata Air  Potensial  yang dikelola oleh PDAM Kab. Kepahiang :

Mata air Umbul Desa Kabawetan

Mata Air Sengak Desa Bukit Sari

Mata Air Paung Desa Kota Agung

Mata Air Tik Gantung Desa Pekalongan

Mata Air Susup Desa Taba Mulan

Mata Air Uleu Bio Desa Durian Depun

Mata Air Kali Asan Desa Sukasari

Mata Air Tik Pedak Desa Batu Bandung

 

Layanan Pos dan Telekomunikasi


S

elama tahun 2009, tercatat 26.510 buah fasilitas fisik pelayanan pos di Kabupaten, dimana 21.208 buah di Kecamatan Kepahiang. Untuk lalu lintas wesel pos sebesar 2,9 juta rupiah untuk pengiriman dan 1,6 juta rupiah yang diterima. Kedua indikator ini mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara jumlah pesawat telepon biasa terpasang di Kabupaten Kepahiang pada  tahun 2009 berjumlah 1.534, hanya mengalami pertumbuhan sebesar 1,19 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini diakibatkan semakin meningkatnya penggunaan telepon seluler (HP), yang sinyalnya hampir dapat menjangkau seluruh wilayah yang berada di Kabupaten Kepahiang.

   
| Minggu, 23. Juli 2017 || Tim IT Kepahiang |