Pemerintah Kabupaten Kepahiang melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) menggelar uji kompetensi jabatan struktural (Job Fit) yang dilaksanakan di Aula Dikbud Kepahiang, Rabu (13/2/2019). Acara dibuka oleh Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahis,MM didampingi Wakil Bupati Kepahiang Netti Herawati, S.Sos, dan kepala Unit Usaha Otonom (UUO TPA) Bapennas Sarwono.Pembukaan ditandai dengan pembukaan koper yang tersegel dari Bappenas.

Sekda Kepahiang Membuka Koper Soal Yang Masih Tersegel

Bupati mengatakan dalam sambutannya uji kesesuaian (job fit) ini merupakan instrumen untuk mengukur, mengevaluasi dan menilai tingkat kesesuaian, dan relevansi kompetensi pejabat pimpinan tinggi pratama dengan jabatan yang diduduki saat ini. Kita akan mendapatkan rekomendasi dari tim seleksi independen, serta untuk memetakan kompetensi yang dimiliki masing-masing pejabat pimpinan tinggi pratama.

“Ini akan jadi acuan dan pertimbangan dalam pelaksanaan rotasi dan demosi atau dengan kata lain bahwa job fit bertujuan untuk mencari pejabat yang sesuai dengan jabatan yang akan diberikan sehingga dapat bekerja secara maksimal,” jelas Bupati.

Bupati juga berharap dengan job fit ini dapat melahirkan pejabat yang beritergritas, professional, dan etika dalam melaksanakan tugasnya. “Job fit ini akan melahirkan rekomendasi sebagai acuan dalam penempatan ASN kedalam jabatan yang sesuai dengan potensi yang dimiliki ASN bersangkutan,” pungkas Bupati.

Dalam job fit ini bukanlah persoalan lulus atau tidak, namun lebih ditekankan pada kesesuaian terhadap kompetensi pejabat itu sendiri. (Kominfo)