Pada hari Selasa (19/2/2019) telah digelar acara Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Aula Kejaksaan Negeri Kepahiang. Acara tersebut dihadiri Oleh Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM.IPU, Wakil Bupati Kepahiang Netti Herawati, S.Sos, Forkopimda Kabupaten Kepahiang, Pimpinan Perbankan, Kepala OPD serta Camat Se Kabupaten Kepahiang.

Kepala Kejaksaan Negeri Kepahiang Lalu Syaifudin,SH, MH saat memberi sambutan mengatakan bahwa dalam peningkatan pelayanan dikejaksanaan negeri kepahiang sejak 2017 kemarin sudah mencoba membangun e-office atau kantor elektronik yaitu berupa aplikasi digital antara lain si-AKANG (Sistem Informasi Administrasi Kejaksaan Negeri Kepahiang), Si-EKKE (Sistem Informasi Elektronik Kejaksaan Kepahiang), dan Si-Kodekjakpol (Sistem Informasi Koordiasi Elektronik Jaksa dan Kepolisian). “Dengan aplikasi ini diharapkan mempermudah dalam pelayanan di Kejaksaan Negeri Kepahiang,” kata Kajari.

Kajari juga menyampaikan bahwa dalam mewujudkan Zona Integritas WBBM ini pihaknya siap bekerjasama apabila Pemerintah daerah/instansi vertikal membutuhkan jasa pelayanan berupa TP4D dan Jaksa  Pengacara Negara. “Apabila ada instansi yang ingin mempergunakan pelayanan ini, kami menyediakan diri. Akan lebih bagus apabila dilakukan dari awal,” sampai Kajari.

Terakhir Kajari melaporkan, ditahun 2018 pada pidana khusus pihak Kejari Kepahiang telah berhasil mengembalikan kerugian negara sebesar 5 milyar rupiah lebih. “Dengan kekuatan personil yang amat terbatas. Semoga ini menjadi bagian terpenting dalam pembangunan di Kabupaten Kepahiang ini,” tutup Kajari.

Dalam sambutannya, Bupati Kepahiang berharap dalam mewujudkan WBK dan WBBM ini terjadi sinergitas antara Aparat Penegak Hukum (APH) dalam hal ini Kejari Kepahiang dengan Aparatar Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) yaitu Inspektorat Kabupaten. “Ini sebuah tantangan yang harus kita hadapi, sehingga nanti pada saatnya kita mendapaikan penilaian yang baik secara internal maupun tim nasional yang melakukan evaluasi,” kata Bupati

Pencanangan Zona Integritas WBK dan WBBM ditandai dengan penandatangan Pakta Integritas internal Kejari Kepahiang dan pelepasan balon udara. (kominfo)