BPKP Bengkulu menyelenggarakan sosialisasi aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) di Kabupaten Kepahiang, Selasa (2/4/2019) di Aula Dikbud Kepahiang. Hadir sebagai peserta kepala desa dan bendahara desa se-kabupaten Kepahiang. Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Anggota Komisi XI DPR-RI dr. Anarulita, Kasub Auditorat Bengkulu II – BPK Perwakilan Bengkulu Indra Syahputram SE,MM,Ak,CA, Kapolres Kepahiang AKBP. Pahala Simanjuntak S.Ik, serta Dirwas Penyelenggara Keuangan Daerah Wilayah III BPKP Pusat Iskandar Novianto.

Dalam sambutannya, Bupati Kepahiang berharap dengan dilaksanakannya aplikasi Siskeudes ini dapat mempermudah kepala desa dalam pengelolaan dana desa. “Kepala desa  dapat menyelenggarakan tata kelola pemerintahan desa dengan baik dan akuntabel,” harap Bupati.

Kapolres Kepahiang AKBP. Pahala Simanjuntak,S.Ik memaparkan bahwa Polri telah bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal Republik Indonesia terkait dengan pencegahan, pengawasan dan pengawasan permasalahan Dana Desa. “Beberapa ruang lingkup Polri adalah pembinaan dan penguatan kapasitas aparatur pemerintah daerah, sosialisasi regulasi tentang pengelolaan Dana Desa, serta penguatan, pengawasan pengelolaan Dana Desa,” papar Kapolres

Pada kesempatan itu juga, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu Drs. Ramli Median Sihombing. Ak.CA,MM,Cfra,QIA  menyampaikan bahwaaplikasi Siskeudes merupakan aplikasi yang simple dan mudah dioperasikan oleh pemerintahan desa. “Kepala desa jangan takut dengan Siskeudes ini, kita sudah desain aplikasi ini se-simple mungkin. Anak lulusan SMK saja bisa meng-entry datanya,” pungkas Ramli. (kominfo)