Gabungan Organiasasi Wanita (GOW) Kabupaten Kepahiang menggelar peringatan hari Kartini Ke-140. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Guesthouse Kepahiang, Selasa (23/04/2019). Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kepahiang Neti Herawati,S.Sos, Forkopimda Kabupaten, Ketua TP PKK Kabupaten beserta anggota, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana beserta anggota, Ketua Bhayangkari beserta anggota serta ketua dan anggota organisasi wanita di Kabupaten Kepahiang.

Pada sambutannya, Ny Effie Hidayat sebagai penasehat GOW Kabpaten berpesan kepada seluruh anggota organisasi wanita bahwa dalam menegakkan emansipasi wanita. Kaum ibu tidak harus tampil didepan dengan meninggalkan tugasnya sebagai seorang ib yang mendidik dan mengasuh anak-anaknya menjadi anak yang tangguh dan berkualitas. “Tetapi sebagai wanita juga harus mampu menempatkan dirinya sebagai wanita yang perlu terlibat dalam kegiatan sosial dalam masyarakat,” pesan Ny. Effie yang juga sebagai Ketua TP-PKK Kabupaten Kepahiang.

Sementara itu, Wakil Bupati dalam sambutanya menyampaikan dalam perkembangan teknologi informasi saat ini membuat kita terlena. Berbagai kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terjadi di Indonesia  akhir-akhir ini sudah sangat memprihatinkan. “Oleh karena itu pada kesempatan ini saya mengajak kita semua untuk menyikapi perkembangan zaman ini dengan menyadari peran dan fungsi masing-masing,” sampai Wabup.

Pemerintah daerah Kepahiang saat ini sedang melaksanakan berbagai kegiatan diberbagai bidang, lanjut Wabup. Salah satunya adalah pemberdayaan perempuan yang merupakan potensi SDM untuk tercapainya program pemerintah daerah. “Saya berharap kaum perempuan lebih meningkatkan lagi perannya dalam mendukung dan mensukseskan program pemerintah daerah Kepahiang yang maj, mandiri dan sejahtera,” harap Wabup.

Terpisah, Hairah Aryani selaku ketua panitia pelaksana mengungkapkan bahwa kegiatan hari kartini seyogyanya dilaksanakan pada tanggal 21 April yang lalu, namun dikarenakan hari libur maka kegiatan diundur sampai hari ini. “Kita sepakat acara diundur, namun tidak mengurangi antusias/semangat dari seluruh organisasi wanita untuk berpartisipasi diacara hari kartini ini,” pungkas Haira. Adapun tema yang diusung dalam Hari Kartini Ke-140 Di Kepahiang ini adalah “Melalui Peringatan Hari kartini Ke-140, Kita tingkatkan peran serta perempuan dalam mencerdaskan anak bangsa sebagai generasi penerus yang berkarakter”. (kominfo)