Meskipun dalam menjalankan ibadah puasa, peserta upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-111 berjalan lancar dan khidmat. Upacara dipusatkan di lapangan kantor Bupati Kepahiang, Senin (20/05/2019) Pukul 08.30 Wib.

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid,MM.IPU yang bertindak sebagai Indpektur Upacara pada kesempatan tersebut membacakan Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, 20 Mei 2019, kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut. Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita.

“Kita sudah menyelesaikan pemilihan umum nasional tanggal 17 April yang lalu. Dan itu dilakukan dengan baik dan sekarang masih berproses dengan baik, dan seharusnya kita tunggu saja hasil lembaga yang berwenang menurut UU, yaitu KPU, untuk mengumumkan hasil rekapitulasinya,” kata Bupati dalam sambutannya.

Bupati menambahkan, bahwa semangat persatuan masih bisa diperbaiki lagi dengan semangat gotong royong bangsa Indoensia. “Bangsa ini adalah bangsa yang besar. Yang telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad. Kuncinya ada dalam dwilingga salin suara berikut ini: gotong-royong,” tambah Bupati.

Terakhir Bupati mengajak masyarakat untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional sebagai momentum memperbarui semngat gotong royong sebagai warisan kearifan lokal yang akan mampu membawa kejayaan Indonesia dipentas global.

“Selamat meperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-111. Indonesia Bangkit! Indonesia Bersatu!,” Pungkas Bupati.

Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-111 diikuti oleh ASN dilingkungan Pemda Kepahiang, TNI/POLRI dan Pelajar. Bertindak sebagai Komandan Upacara Suryadi,S.Ip, Pembawa Acara Fuji, Pembaca Doa H. Mulya Hudori Kepala Kemenag Kepahiang. (Kominfo)