Opening Ceremony Pagelaran event tahunan Kepahiang Mountain Valley Festival (MVF) menyambut Wonderful Bengkulu 2020 dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Bengkulu Dr. Soemarno,M.Pd di Lapangan Sidorejo Kabawetan, Senin (23/09/2019). Acara tersebut dihadiri juga oleh tamu dari luar Kabupaten Kepahiang diantaranya Bupati Lebong H. Rosjonsyah M.Si, Bupati Bengkulu Tengah Dr. H. Ferry Ramli, Bupati Kaur Gusril Fauzi, Kepala OPD Provinsi Bengkulu dan juga dalam daerah Kepahiang Kapolres Kepahiang AKBP Pahala Simanjuntak, Dandim 0409 Rejang lebong Letkol Sigit P, Ketua PN Kepahiang, Anggota DPRD Kepahiang, Kepala OPD Pemkab Kepahiang serta Forum Kades. Kedatangan rombongan staf ahli gubernur disambut secara adat oleh Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid,MM,IPU, Wakil Bupati Kepahiang Netty Herawati, Sekda Kepahiang Zamzami Z, dan Ketua TP PKK Kabupaten Kepahiang Ny. Efie Hidayat.

Mountain Valley Festival di Kabupaten Kepahiang diikuti berbagai kabupaten di Provinsi Bengkulu, pelaku usaha UKM industri, badan dan kantor, dan pelaku sadar wisata.

“Serangkaian kegiatan yang disajikan dalam acara Mountain Valley Festival ini merupakan potensi yang ada di Kabupaten Kepahiang, bagaimana kedepan daerah ini dapat meningkatkan semua potensi. Mulai dari pariwisata, hasil perkebunan, peternakan, pertanian yang disajikan dalam agrowisata,” sampai Bupati

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Teddy Adeba, ST menyampaikan dengan terlaksananya event tahunan tersebut mengangkat tema ‘Dengan Mountain Valley Festival, Mari Kita sukseskan Wonderful Bengkulu 2020’ untuk mensukseskan wisata agro, wisata ternak, perkebunan dan holtikultura.

“Kita juga mendukung kicau burung mania dengan 668 peserta, liga desa 22 club, festival kuda kepang 13 grup, jelajah Kabawetan 10 K diikuti 420 peserta dari Kabupaten Seluma, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara dan Rejang Lebong. Kemudian ada parade musik pegunungan yang diikuti 52 grup dan ada advanture bike,” sampai Teddy

Mewakili Gubernur, Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan Soemarno menyampaikan MVF dari aspek ekonomi dan sosial, event tahunan ini diharapkan menjadi potensi baru dalam kemajuan Bumi Raflesia. Dengan berbagai potensi alam yang disajikan, mulai dari wisata, potensi kopi, peternakan dan hasil perkebunan. “Disajikan dengan khas seni dan budaya, event mountain valley festival ini dapat memotivasi wisata daerah, komoditi perkebunan, pertanian dan peternakan yang menjadi unggulan Kabupaten Kepahiang,” sampai Soemarno.

Pada kesempatan itu juga, Staf Ahli Gubernur berkesempatan untuk meninjau stand-stand pameran yang ada disekeliling panggung utama acara Mountain Valley Festival. Serta memberikan bantuan berupa alsintan untuk kelompok-kelompok tani di Kabupaten Kepahiang.