Kegiatan penutupan TNI Manunggal KB dan Kesehatan (TMKK) diselenggarakan di Lapangan Sidorejo (Venue Mountain Valley Festival), Selasa (22/10/2019) Pukul 09.30 Wib. Hadir dalam penutupan tersebut Danrem 041 Gamas Kol. Inf Dwi Wahyudi,MM, Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Drs. Supratman, MH, Danlanal Bengkulu Letkol Laut M. Andri Wahyu Sudrajat,ST, Dandim Jajaran Korem 041 Gamas, Ketua Persit Candra Kirana Korcabrem 041 Gamas Beserta Pengurus, Ketua DPRD Kepahiang Windra Purnawan, Forkopimda Kabupaten Kepahiang, Sekda Kepahiang, dan Ketua TP PPK Kabupaten Kepahiang.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid,MM,IPU menjelaskan bahwa tujuan utama dari pengendalian penduduk melalui program keluarga berencana ini adalah mengantarkan bangsa Indonesia menuju era yang lebih baik. “Kegiatan KB tidak hanya masalah kontrasepsi. Namun sudah lebih koprehensif lagi mulai dari pengaturan usia perkawinan, jarak kelahiran, perhatian tumbuh kembang balita dan anak, bina remaja dan lansia yang pada hakekatnya pengendalian penduduk menuju era yang lebih baik,” jelas Bupati.

Lanjut Bupati, pada tahun 2030 Indonesia akan memasuki era bonus demografi yang mana pada saat itu penduduk usia 16 – 65 tahun mencapai angkat tertinggi dengan demikian menjadikan angkatan kerja yang luar biasa. “Hal tersebut harus kita siapkan sejak dini mulai dari kesehatan manusianya, penekanan stunting, serta pendidikan manusianya. Hingga pada saatnya nanti Indonesia memiliki angkatan tenaga kerja yang produktif dan inovatif,” tambah Bupati.

Terakhir Bupati menyampaikan apresiasi atas suksesnya penyelenggaraan TMKK di propinsi Bengkulu yang dipelopiri oleh Korem 041 Garuda Emas. “Khusus untuk Kepahaing pada hari ini kita kolaborasikan dengan pelayanan kesehatan, sunatan masal, pembagian alat kontrasepsi, dan donor darah secara gratis. Saya ucapkan terima kasih juga kepada seluruh jajaran yang telah terlibat dalam suksesnya acara pada hari ini,” pungkas Bupati.

Terpisah, Danrem 041 Gamas Kol. Inf Dwi Wahyudi,MM berharap TMKK tahun 2019 yang telah berjalan selama 6 bulan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kita menyaksikan sendiri setiap kegiatan TMKK ini disambut hangat oleh masyarakat dengan semangat kebersamaan. “Semangat kebersamaan ini lah yang menjadi hakekat kemanunggalan TNI dan rakyat dengan stakeholder yang lain yang akan terus kita bangun dan pelihara,” sampai Danrem.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan pelayanan kesehatan dan bazaar dari kecamatan Kabawetan Kepahiang. (Kominfo)