Dalam Rangka Peringatan Hari Pahlawan 10 November di Kabupaten Kepahiang. Pemkab Kepahiang melalui Dinas Sosial PMD menggelar upacara peringatan hari pahlawan. Upacara dilaksanakan di lapangan kantor Bupati Kepahiang, Minggu (10/11/2019) pukul 08.00 Wib. Upacara juga dihadiri perwakilan Forkopimda Kepahiang, Kepala OPD, Camat serta pejabat eselon III dilingkungan pemda Kepahiang.

Bertinda sebagai inspektur upacara Sekda Kepahiang Zamzami Z,SE,MM membacakan pidato Menteri Sosial Republik Indonesia Juliara P. Batubara. Dalam amanatnya disampaikan bahwa peringatan Hari Pahlwan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa “….hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar…”.

“Selain itu peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak – anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan masa kini,” sampai Sekda.

Sekda melanjutkan, Menjadi Pahlawan Masa Kinidapat diakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi – aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugukan orang lain dan sebagainnya.

“Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat,” sambung Sekda.

Terakhir, Sekda berharap hari pahlawan bukan hanya kegiatan seremonial semata tetapi dapat diisi dengan berbagai akifitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

“Selamat Hari Pahlawan 2019, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada bangsa Indonesia agar dapat menjaga keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu negeri. sekali lagi jadilah pahlawan masa kini yang membanggalkan negeri,” tutup Sekda.

Acara dilanjutkan dengan ziarah kemakam pahlawan santoso di Taman Makam Pahlawan Santoso pasar ujung Kepahiang. (Kominfo)