Pemkab Kepahiang bersama Lembaga DPRD Kepahiang menggelar rapat paripurna istimewa dan upacara dalam rangka HUT Ke-16 Kabupaten Kepahiang, Selasa (7/1/2020) pukul 08.00 Wib. Paripurna diselenggarakan di ruang rapat paripurna Gedung DPRD Kepahiang, Sementara Upacara digelar di Lapangan Kantor Bupati Kepahiang setelah rapat paripurna istimewa.

Tampak hadir tamu undangan dari kabupaten tetangga serta luar Provinsi Bengkulu turut hadir dalam acara tersebut. Diantaranya Penjabat Sekda Provinsi, Bupati Rejang Lebong, Bupati Bengkulu Tengah, Wakil Bupati Musi Rawas serta tamu daerah lainnya.

Dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kepahiang Windra Purnawan, S.IP menyampaikan tema ini hendaknya menginspirasi semua pihak untuk bekerjasama dan sama bekerja dalam rangka meraih kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat sehingga Kabupaten Kepahiang menjadi terdepan di Provinsi Bengkulu.

“Pembangunan adalah proses multidimensi yang menyentuhkan dan merangkum semua aspek kehidupan masyarakat. Oleh karena itu proses dan dinamika pembangunan termasuk pembangunan daerah kita di Kabupaten Kepahiang, haruslah dikawal dengan landasan yuridis-operasional dan pendekatan yang holistik,” sampai Windra.

Sementara itu, Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid,MM,IPU. Saat bertindak menjadi inspektur upacara menjelaskan usia 16 tahun belumlah terlalu tua untuk sebuah kabupaten. Namun, usia ke 16 ini merupakan momentum yang tepat bagi pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Kepahiang untuk melakukan intropeksi diri sekaligus untuk melakukan evaluasi terhadap pencapaian keberhasilan maupun kekurangan yang terjadi dalam mengemban amanah masyarakat.

“Dalam bidang infrastruktur dasar, dari tahun ke tahun terus kita tingkatkan, terutama untuk membuka isolasi dan jalan akses untuk mendukung ekonomi masyarakat, jalan dari dan menuju pusat pertumbuhan ekonomi. Terutama infrastruktur untuk mendukung konektivitas antar desa, kecamatanm dan kabupaten terus diupayakan,” sampai Bupati.

Pada tahun 2019 dijelaskan Bupati, Pemerintah Kabupaten telah menerima beberapa penghargaan, antara lain Manggala Karya Kencana dari BKKBN Pusat, dalam festival kopi APV di Perancis, Kopi Bencollen Kepahiang mendapatkan penghargaan untuk kategori Puissant Doux Tahun 2019. Sertifikasi akreditasi RSUD Kabupaten Kepahiang tingkat utama, predikat kepatuhan tinggi standar pelayanan publik tahun 2019 dari OMBUDSMAN RI, penganugerahan Pramakarya tahun 2019 dari Wakil Presiden RI, penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI kepada Pemkab Kepahiang sebagai kabupaten Peduli HAM dan penghargaan untuk kabupaten sebagai pemerintah daerah terbaik pertama kategori penyaluran DD.

“Salah satu sektor yang sedang digalakkan di Kabupaten Kepahiang adalah sektor wisata, khususnya pariwisata berbasiskan pertanian atau agrowisata. Untuk itu Kabupaten Kepahiang sudah punya Riparkab,” tutup Bupati. (Kominfo)