Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid,MM,IPU meresmian pasar desa Batu Kalung Kecamatan Muara Kemumu, Selasa (4/2/2020). Peresmian dihadiri juga oleh Kepala OPD, Camat Muara Kemumu Devison S.STP, Kades Batu Kalung beserta perangkat desa, serta masyarakat desa Batu Kalung.

Pada kesempatan tersebut Bupati Kepahiang memuji pekerjaan yang dilaksanakan secara swakelola oleh desa Batu Kalung. “Walaupun hanya beberapa lokal bangunan ini sangat bagus, pengerjaannya rapih, tiang-tiangnya juga lurus serta atapnya juga bagus. Sangat layak untuk dipergunakan ooleh masyarakat Batu Kalung,” puji Bupati.

Bupati berharap dengan beroperasinya pasar desa ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya desa Batu Kalung serta kecamatan Muara Kemumu pada umumnya. “Kita sama-sama berharap pasar ini dapat menjadi roda perekonmian bagi masyarakat Muara Kemumu. Masyarakat bisa bertransaksi menjual hasil bumi serta kerajinannya disini,” sampai Bupati.

Sementara itu, Camat Muara Kemumu Devison S,STP mengapresiasi kinerja kepala desa beserta perangkatnya yang telah berusaha sekuat tenaga untuk memiliki pasar desa ini. “Tentu ini perjuangan serta koordinasi yang baik antara kepala desa dengan perangkatnya. Serta koordinasi yang baik pula antara pemerintah desa Batu Kalung dengan Pemda Kepahiang,” ungkap Devison.

Dalam laporannya, Kepala Desa Batu Kalung Sarkawi menjelaskan bahwa lokasi pasar desa ini merupakan lahan hibah dari masyarakat Batu Kalung. Adapun Sumber dana berasal dari Kementerian Desa tahun 2019 sebesar 170 juta rupiah dikerjakan secara swakelola.

“Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam mewujudkan pasar desa ini. Terutama pihak pemda Kepahiang melalui Bupati Kepahiang yang telah merekomendasikan desa Batu Kalung ini untuk menerima dana revitalisasi pasar desa dari kementerian desa,” tutup Sarkawi.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya pengoperasian pasar desa Batu Kalung kecamatan Muara Kemumu.