Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid,MM,IPU melaksanakan tanam perdana pembibitan rumput vetiver (rumpun penahan longsor) yang diinisiasi oleh BPBD Kabupaten Kepahiang. Senin, (10/2/2020). Penanaman dilaksanakan di lahan milik BPBD Kepahiang di kompleks perkantoran Pemkab Kepahiang.

Dikataka Kepala BPBD Ir. Taufik. Bibit yang akan dikembangkan saat ini sekitar 750 batang. Diharapkan dalam kurun waktu enam bulan, bibit ini akan berkembang. “Selanjutnya bibit akan kita tanaman didaerah yang rawan longsor,” sampai Taufik.

Sementara itu, Bupati Kepahiang dengan pengembangan tanaman vetiver ini nanti akan dapat menahan erosi dilahan-lahan yang rawan longsor. “Ketuatan akarnya 1/6 kawat baja dan ini program nasional untuk pencegahan bencana longsor. Harus kita dukung dan kembangkan. Untuk sementara kita tanam didemplot pengembangan bibit milik BPBD dulu,” ungkap Bupati.

Saat penanaman, Bupati didampingi juga Wakapolres Kepahiang, Perwakilan TNI, Kepala BPBD, Kepala DLH Kepahiang serta staf BPBD Kepahiang.

Dihimpun dari berbagai sumber, vetiver dikenal sebagai tumbuhan sejenis rerumputan. Sebenarnya ada banyak jenis vetiver, tapi yang diandalkan untuk menanggulangi bencana adalah Chrysophogon zizaionide. Vetiver menjadi salah satu solusi untuk menguatkan struktur tanah melalui akarnya yang dapat tumbuh hingga kedalaman 5 meter.

Vetiver jenis Chrysophogon zizaionides ini bisa mencegah longsor dan banjir karena punya akar yang kuat. Kekuatannya, merujuk pada penjelasan BNPB, setara dengan seperenam kawat baja. (kominfo)