Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah membuka kegiatan Musrenbang Kabupaten Kepahiang di Aula Guest House Kepahiang, Rabu (18/03/2020). Kedatangan Gubernur disambut secara adat oleh Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid,MM,IPU., Wakil Bupati Kepahiang Netti Herawati,S.Sos., Ketua DPRD Windra Purnawan, Waka I DPRD Kepahiang Andrian Defandra, FKPD Kabupaten Kepahiang.

Disampaikan Plt. Kepala Bappeda Kepahiang Ferri Irawan,ST maksud dan tujuan diselenggarakannya musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) ini adalah untuk memperoleh masukan, saran, pendapat serta pertimbangan dari seluruh peserta rapat.

“Diharapkan juga mendapatkan masukan untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD yang memuat prioritas pembangunan daerah untuk tahun 2021 serta mensinkronisasikan perencanaan dan pengaanggaran di tingkat Kabupaten,” sampai Ferri dalam laporannya.

Pada kesempatan itu juga Ketua DPRD Kepahiang Windra Purnawan,SP menyampaikan pokok pokok pikiran DPRD Kepahiang yang didasari hasil rapat dengar pendapat serta reses diantaranya dalam  bidang pemerintahan, pendidikan, pembangunan, pertanian dan perkebunan.

“Apresiasi dan harapan masyarakat Kabupaten Kepahiang khususnya pembangunan infrastruktur Jalan sebagai dasar peningkatan perekonomian yang merupakan kewenangan provinsi semoga secepatnya dapat diselesaikan pak Gubernur,” sampai Windra

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid,MM,IPU dalam sambutannya mengatakan Forum Musrenbang mempunyai nilai strategis, karena melibatkan seluruh unsur pemangku kepentingan membahas rencana awal RKPD tahun 2021 yang dapat mempertajam capaian sasaran program prioritas pembangunan daerah yang selaras dengan sasaran Provinsi Bengkulu dan Nasional.

“Pembangunan infrastruktur dasar pendidikan,kesehatan dan Pertanian termasuk Pariwisata melalui Agrowisata tetap kita prioritaskan,Aspirasi masyarakat dalam forum reses sebagai dasar acuan sesuai kondisi riil di lapangan tetap kita jadikan pedoman perencanaan dan pembangunan dalam RKPD,sesuai dengan tema musrenbang “Membangun Sumberdaya Manusia Kabupaten kepahiang yang sehat,cerdas,terampil,produktif ,religius dan ketersediaan infrastruktur yang berkualitas untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan” sehingga program pemerintah kabupaten kepahiang,Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Pemerintah pusat dapat sejalan,” sampai Bupati.

Sementara itu, dalam sambutannya Gubernur menjelaskan khusus untuk pembangunan dik Kepahiang masih akan dilanjutkan sebagai penunjang konektifitas di Provinsi Bengkulu terlebih lagi Kepahiang merupakan sentra produksi kopi terbesar di provinsi Bengkulu.

“Infrastruktur dasarnya insha allah akan selesai ditahun 2021 sebagai penunjang daerah penghasil kopi di provinsi Bengkulu. Kopi kita sudah punya indikasi geografisnya, brandnya juga sudah ada. Kini kita bersama-sama bangun pemasarannya,” ujar Gubernur.

 

Gubernur juga mengingatkan bahwa Kepahiang memiliki potensi Geothermal yang sangat besar untuk itu diperlukan semangat yang kuat untuk meyakinkan pemerintah pusat tentang potensi ini.

 

“Kita bisa ajak Kementerian ESDM dan PLN untuk sama-sama mengelola potensi geothermal ini. Sebagai sumber energi baru di Provinsi Bengkulu,” tambah Gubernur.

 

Terakhir Gubenur mengingatkan terkait merebaknya virus Covid-19. Gubernur mengajak masyarakat untuk tetap tenang dan tidak khawatir serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat. “Semoga wabah ini segera berakhir,” pungkas Gubernur. (Kominfo)