Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Kepahiang untuk melakukan pencegahan penyebaran corona virus covid-19, salah satunya mengalihkan APBD Kabupaten dan Dana Alokasi Kesehatan (DAK) untuk melakukan penanganan dan pencegahan.

Satgas pencegahan dan penanganan Covid-19 Kabupaten Kepahiang Minggu (29/3/20) merilis bawasannya Pemerintah Kabupaten tidak pernah mengintruksikan OPD maupun pihak lain untuk melakukan penggalangan dana untuk melakukan upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di daerah.

Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kepala Dinas Kesehatan H Tajri Fauzan, SKM menjelaskan Pemerintah Daerah akan mengalihkan APBD dan DAK Kesehatan, untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (ADP) Meliputi : Hazmat Suit (Coveral), masker, Surgical Gown, Head Cover, Kacamata/googles, Shoes Cover, Medical Gloves, Sepatu boots, Desinfektan, Hand Sanitizer, Multivitami, Ruang Sterilisasi dan Semuanya sedang diproses.

“Upaya yang sudah dilakukan diantaranya ialah penyemprotan disinfektan¬† dan sudah terbentuknya gugus tugas serta didirikannya posko Covid-19 di area perbatasan. Kemudian komitmen Pemkab dan DPRD Kepahiang adalah mendukung upaya pencegahan dengan mengalihkan APBD dan DAK Kesehatan, salah satunya pengadaan APD tenaga medis,” jelas Tajri.